Pages

Wednesday, June 13, 2012

Bagaimana Etika Jualan di Facebook?

Facebook, kini bukan hanya sebuah jejaring sosial tetapi juga banyak dimanfaatkan orang untuk memasarkan barang dagangannya. Bagi Anda pengguna situs jejaring Facebook, mungkin Anda juga sering melihat foto-foto barang yang dijual di toko online di halaman beranda akun FB Anda. Mungkin, Anda juga pernah atau bahkan sering di tag foto barang-barang yang dijual secara online. Bagaimana Anda melihat fenomena ini?

Facebook memang merupakan salah satu media yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk karena sebagian besar masyarakat kini menggunakan jejaring sosial. Selain itu akses internet kini semakin mudah, bahkan orang bisa mengaksesnya dari ponsel masing-masing. Menurut saya penggunaan jejaring sosial untuk berbisnis sah-sah saja, tetapi jangan sampai hal itu justru mengganggu kenyamanan orang lain. Sebagai seorang pengguna Facebook, saya pun merasakan ketidaknyamanan ini.

Saya bukanlah ahli marketing, bukan pula pakar dalam sosial media, tetapi berdasarkan pengalaman pribadi, menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita menggunakan jejaring sosial untuk menjual produk:

Pisahkan Akun Pribadi dan Bisnis

Sebaiknya pisah akun pribadi dan akun bisnis/toko online Anda. Menggunakan akun pribadi untuk berjualan mungkin akan mengganggu teman-teman Anda, tetapi teman Anda juga tidak enak untuk me-remove karena sudah kenal baik dengan Anda. Buatlah akun khusus untuk bisnis Anda. Lebih baik lagi jika Anda mempunyai website/page/blog khusus untuk bisnis  Anda. Sedangkan akun pribadi Anda dapat digunakan untuk sekedar melakukan promosi untuk memperkenalkan akun/website/page/blog toko online Anda kepada teman-teman. 

Jangan Lebay

Di Facebook, Anda dapat melakukan share foto untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Namun, jangan terlalu sering melakukannya karena hal itu akan membuat halaman beranda FB teman-teman Anda penuh dengan foto-foto yang Anda share. Akibatnya, teman-teman Anda kesal dan jika Anda melakukannya berulang-ulang mungkin akan me-remove Anda dari daftar temannya. Anda juga bisa melakukan promosi dengan membuat status FB dengan kata-kata yang menarik tetapi juga jangan lebay dan jangan terlalu sering karena bisa jadi itu membosankan bagi teman-teman Anda.

Jangan Tag Foto Sembarangan

Fenomena yang paling banyak dilakukan oleh online shop di FB saat ini adalah melakukan tag foto ke banyak orang. Tujuannya agar orang-orang yang di-tag melihat produk yang dijual dan tertarik untuk membeli. Selain itu, jika teman kita di-tag foto oleh orang lain, foto tersebut juga akan muncul di beranda kita. Itulah yang diharapkan oleh pemilik online shop, yaitu agar produk tersebut dilihat orang sebanyak-banyaknya. Modus lain yang sering saya jumpai jumpai akhir-akhir ini adalah sebuah online shop membuat semacam kuis berhadiah dengan syarat pesertanya harus melakukan tag foto produk-produk online shop tersebut ke teman sebanyak-banyaknya. Perlu diingat bahwa tidak semua orang suka di-tag foto orang lain apalagi foto yang tidak ada hubungannya dengan dirinya. Bagi sebagian orang, hal ini akan sangat mengganggu.

Sebagai pengguna jejaring sosial, saya juga menggunakannya untuk berbisnis dengan membuat sebuah online shop di Facebook dan Blog. Facebook dapat digunakan untuk mempromosikan blog kita. Namun jangan sampai kita menggunakan cara-cara yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Intinya, ketika kita menggunakan jejaring sosial, kita juga harus paham etikanya.

3 comments:

  1. Ho'oh, aku aja sampe unsubscribe seseorang karena dia posting poto dagangan dia mulu. Malesi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah mbak,kadang kalo mau di-remove nggak enak, tapi lebay banget jualannya..

      btw, makasih udah mampir kesini :)

      Delete
  2. klo ada yg tag malah tk remove,,,:-)

    ReplyDelete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)