Pages

Tuesday, June 12, 2012

Menikmati Wisata Kuliner di Festival Passer Baroe 2012

Pasar Baru adalah kawasan perdagangan yang berpusat di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan ini didirikan pada tahun 1820 dan merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta. Kawasan Pasar Baru merupakan deretan pertokoan yang memanjang dan di tengahnya terdapat koridor yang cukup lebar. Disana terdapat toko pakaian, sepatu, kain, alat musik, barang elektronik dan sebagainya. Sedangkan di koridornya terdapat banyak pedagang kaki lima.


Jalan Dr Sutomo di depan Pasar Baru


Pintu Masuk Pasar Baru
Hari Minggu (10 Juni 2012) lalu, saya mengunjungi tempat ini. Untuk mencapai kawasan pasar baru, saya naik bus Transjakarta dan turun di halte Pasar Baru, kemudian masuk melalui pintu gerbang yang berada di sisi jalan Dr Sutomo.

Kebetulan, saat itu disana sedang berlangsung Festival Passer Baroe 2012. Ada berbagai acara yang digelar dalam festival tersebut seperti pameran lukisan yang diikuti oleh Komunitas Pelukis Passer Baroe, lomba anak-anak, dan bazar masakan nusantara. Terdapat berbagai pilihan kuliner yang ditawarkan dalam bazaar tersebut seperti siomay, tempe mendoan, nasi bakar, gudeg jogja, sate padang, tahu gejrot, es goyang, soto, pecel, hot dog, mie kocok, kerak telor, dodol betawi, soto mie, bandeng, es cincau, tahu baso, aneka kue, dan masih banyak lagi. Nah suasana festival di kawasan Pasar Baru dapat dilihat di foto-foto berikut:

Dodol Khas Betawi
Stand Kerajinan Tangan
Koridor Pasar Baru, di sisi kanan kiri nya merupakan deretan pertokoan
Es Goyang
Tahu Gejrot
Stand-stand Kuliner

Pameran Lukisan Komunitas Pelukis Pasar Baru

Hmm..masih banyak lagi lho kuliner-kuliner yang menarik untuk dicoba, tapi sayang nggak bisa saya upload semua, ntar kepenuhan foto blog nya..hehe. Gimana? Asyik kan jalan-jalan di Pasar Baru? Event festival ini diselenggarakan setiap tahun lho.

Namun ada kekurangan dari acara ini yang menurut saya cukup mengganggu. Di koridor tempat berlangsungnya festival tersebut, masih terdapat banyak kendaraan yang berlalu lalang sehingga agak mengganggu kenyamanan pengunjung. Menurut saya, seharusnya panitia tidak mengijinkan kendaraan masuk ke arena festival sehingga tidak mengganggu pengunjung yang berjalan-jalan di sepanjang koridor.

Kendaraan yang berlalu-lalang di arena festival
Saya berharap jika tahun depan diadakan kembali festival semacam ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya sehingga dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke Pasar Baru dan turut melestarikan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini.

Yuk..ke Pasar Baru!

3 comments:

  1. Tahu gejrooooooooooooooooot! *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Aceh nggak ada ya mbak?bikin bisnis jualan tahu gejrot aja mbak :)

      Delete
  2. Bagi pecinta seni dan kerajinan tangan, lokasi Passer Baroe juga merupakan tujuan yang tidak bisa dilupakan. Berbagai macam peralatan melukis dan peralatan fotografi juga bisa dicari di lokasi ini. Seperti frame & album foto, bingkai lukisan, bingkai foto, tripod kamera, lighting foto dan video, tas kamera, assesoris fotografi sampai dengan kamera manual dan digital yang canggih dijual di Passer Baroe.

    ReplyDelete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)