Pages

Monday, July 2, 2012

Belajar Masak Sayur Asem

Kalo saya sering nulis tentang resep masakan, bukan berarti saya sombong atau sok pinter masak. Justru saya lagi senang banget belajar masak. Memang, sudah banyak web-web khusus menyajikan resep masakan yang sangat komplit. Tapi, masakan ibu jelas beda. Karena rasa masakan ibu adalah rasa yang sudah terbiasa dirasakan oleh lidah kita sejak kecil dan saya rasa hampir setiap orang mengakui bahwa masakan ibu sendiri adalah masakan terbaik di dunia.

Sebagai calon ibu rumah tangga (Amiin..) saya bertekad harus bisa masak. Ya, memasak adalah hal yang nggak dipelajari di bangku kuliah tapi harus dipelajari sendiri. Sayangnya, saya tinggal di kost-kostan, nggak ada dapur, jadi saya nggak bisa belajar masak tiap hari. Oleh karena itu, setiap saya pulang ke Pekalongan, sebisa mungkin saya belajar memasak dari ibu saya, karena kesempatan itu hanya bisa saya dapatkan beberapa bulan sekali.

Semua resep masakan di blog ini, adalah resep yang sudah saya praktekkan (bersama ibu tentunya),dan gambar-gambarnya pun saya ambil pada saat itu juga. Tujuannya jelas, sebagai bahan contekan jika saya ingin memasak lagi. :). Dan Minggu lalu, saya kembali belajar satu jenis masakan, yaitu sayur asem. Cara memasaknya sangat mudah. Seperti biasa, tak lupa saya foto-foto dulu penampakan sebelum dan sesudah dimasak kemudian ditulis di blog ini. 

Bahan Utama:

Sayur-sayuran seperti kacang panjang, labu, kol, jagung muda, daun bawang, dsb. Biasanya kalau beli sayur asem di tukang sayur, ini udah sepaket. 


Bahan Sayur Asem

Bumbu:
  • 5 buah belimbing wuluh
  • daun salam
  • laos
  • 7 siung bawang merah
  • 1siung bawang putih


Bumbu Sayur Asem

Cara membuat:

  1. Cuci sayuran hingga bersih lalu dipotong-potong.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis.
  3. Panaskan air dalam panci. Setelah medidih, masukkan seluruh bumbu ke dalam panci.
  4. Tunggu hingga mendidih, kemudian masukkan sayuran. Tunggu hingga sayuran matang.
  5. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
  6. Sebaiknya sayuran kol dimasukkan ketika sayuran lain sudah hampir matang agar tidak terlalu lembek.

Hasilnya sebagai berikut:

Sayur Asem Siap Dinikmati

3 comments:

  1. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wOKEYNOTES

    Modal kecil, bahkan tanpa modal anda dapat keuntungan ratusan juta/minggu
    SMS/HP(Konsultasi) : 082166643133
    Nama: M.Rasyid
    Atau daftar via Saya Sponsor :
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mrasyid
    Referensi blog :
    http://www.okeynotes.com/blogs/172925/1004/okeyprofits-wujudkan-mimpi-anda
    Kepercayaan dan Keberanian adalah kunci dari sukses, Modal dan keiklasan
    adalah kekayaan.
    Daftar dari url saya dapat bonus 10 % untuk setiap pembelian USD (deposit
    modal usaha)
    Dan 20% Bonus untuk setiap Deposit awal minimal Deposit 100 USd

    ReplyDelete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)