Pages

Monday, July 23, 2012

Masjid-masjid di Mal

Sore kemarin, saya jalan-jalan ke PGC alias Pasar Grosir Cililitan. Saya berkeliling-keliling sampai menjelang maghrib. Karena hari itu puasa, maka saya singgah ke masjid yang terletak di bagian paling atas gedung tersebut. Ternyata, takmir masjid tersebut telah mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa yang dibagikan gratis kepada pengunjung yang kebetulan berada di masjid tersebut. Saya pun kebagian takjil yang berisi kue dan kurma. Saya cukup mengapresiasi pengurus masjid yang mengadakan kegiatan seperti ini. Setelah meikmati menu takjil, saya pun mengikuti sholat berjamaah. Masjid ini cukup luas dan nyaman. Ini berbeda dengan masjid-masjid yang sering saya temui di pusat-pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta.

Masjid PGC
Seringkali keberadaan tempat ibadah ini terpinggirkan dan kurang terawat. Banyak mal yang menyediakan mushola di parkiran, basement, dan tempat-tempat yang sulit dijangkau serta terkesan apa adanya. Peralatan sholat seperti mukena yang disediakan kondisinya kurang layak. Keadaannya sangat bertolak belakang dengan bangunan mal yang biasanya tampak megah.

Namun tidak semua mal menyediakan mushola yang apa adanya. Selain PGC, ada beberapa mal yang menyediakan tempat sholat yang layak. Masjid yang pernah saya kunjungi adalah masjid Blok A Tanah Abang dan masjid ITC Cempaka Mas. Masjid di tempat perbelanjaan Blok A Tanah Abang sangat luas dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Berada di masjid itu membuat saya lupa sejenak bahwa saya sedang berada di atap sebuah gedung mal. Sedangkan masjid masjid ITC Cempaka Mas juga luas dan bangunannya terpisah dari mal. Yang paling berkesan di masjid ITC Cempaka Mas ini adalah tersedia banyak mukena yang tertata rapi dan wangi.

Masjid ITC Cempaka Mas
Masjid Blok A Tanah Abang
Itulah sekelumit pengalaman saya tentang masjid-masjid di dalam mal yang pernah saya kunjungi. Jika teman-teman punya pengalaman lain, boleh di-share disini :)

4 comments:

  1. Mangdu tanpa tempat sholat (setahuku). Mbiyen sholate ning tangga darurat T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pernah sholat di tangga darurat itu mbak.
      tp mangdu ada mushola juga, di basement..

      Delete
  2. Setahuku, kebanyakan tempat sholat di mall2 itu mengenaskan, di basement deket parkiran, nyempil2 sampe susah nyarinya. Udah gitu mukenanya tak terawat dengan baik :(
    Makanya agak malas kalau jalan ke mall2 dan pas tiba waktu sholat, mending langsung pulang ke kosan aja.. hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi kalo mendesak ya mau gimana lagi. kadang kalo pulang takut kelewat waktu sholatnya gara2 macet..

      Delete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)