Pages

Monday, July 9, 2012

Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Minggu lalu, saya makan bakso di warung bakso dekat kosan. Di meja depan saya, ada dua orang cewek, kelihatannya masih SMP/ baru masuk SMA. Dua orang ini masing-masing memegang BB (Blackberry). Kedua orang itu tampak sibuk dengan BB-nya masing-masing.

Sambil makan bakso, saya mengamati apa yang kedua anak itu lakukan (sebenarnya bukan mengamati sih, karena jelas-jelas ada di depan mata). Percakapannya kira-kira seperti ini:

cewek 1 :
"sini dong pinjem BB loe (sambil mainin BB sendiri)"

cewek 2 :
"bentar dulu gue mau ngehapusin kontak BBM gue (sambil asyik dengan BB-nya sendiri juga)"

cewek 1 : 
"sini pinjem bentar, ada yang pengen gue liat...gue mau...   %*&^%$#@@@...bla..bla..bla..."

cewek 2 :
"eh bentar dulu deh..ini pin xxxxx punya siapa sih?kalo pin xxxxxx punya siapa?kalo pin xxxxxxx punya siapa?dst... (trus sibuk sendiri tanpa merhatiin omongan temennya)"

cewek 1 :
"pliiis...dengerin gue dulu dong.... (dengan nada kesal)"

Dalam hati saya tersenyum-senyum geli melihat kejadian ini, karena 2 orang yang bersebelahan, ngobrol, tapi sama sekali tidak saling memperhatikan lawan bicaranya. Yaa..mungkin memang begitulah teknologi, bisa mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat.

Kemajuan teknologi saat ini yang serba canggih memang sangat bermanfaat bagi manusia untuk dapat berkomunikasi tanpa batasan jarak. Di zaman serba canggih ini, anak-anak kecil sudah punya gadget masing-masing. Kini, smartphone bukan lagi milik para bussinessman yang super sibuk, tapi telah merambah ke kalangan pelajar bahkan yang masih duduk di bangku SD. Sayangnya, sebagian remaja kurang dapat menggunakannya dengan bijaksana, contohnya seperti apa yang dilakukan dua orang remaja diatas.

2 comments:

  1. Iyaa apalagi di angkutan umum, pada ngautis sama gadget msg2...
    btw, aku butuhnya smart and ganteng phone, hehee..

    ReplyDelete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)