Pages

Wednesday, July 11, 2012

Tombol PgUp,PgDown, Home dan End di HP Mini

Jika Anda pengguna netbook HP Mini, mungkin Anda tidak menemukan tombol PgUp, PgDown, Home dan End seperti yang terdapat pada keyboard laptop pada umumnya. Tanpa keberadaan tombol-tombol tersebut, sebenarnya keyboard masih dapat berfungsi dengan baik. Namun, bagaimana jika Anda perlu menggunakan tombol-tombol tersebut?

Inilah yang saya alami beberapa waktu lalu. Saat itu saya menjalankan sebuah aplikasi yang masih berbasis DOS dimana seluruh fungsi-fungsi dalam aplikasi harus dijalankan dengan keyboard. Salah satu fungsi dalam aplikasi tersebut harus dijalankan dengan menekan tombol PgDown. Nah, saya pun bingung karena tidak ada tombol tersebut dan fungsi dari aplikasi tersebut tidak dapat berjalan.

Akhirnya, saya pun menemukan sebuah solusi HP Support Forum berkat bantuan om google, yaitu dengan menggunakan software yang bisa didowload disiniSetelah Anda mendownload file tersebut, extract zip file yang berisi hotkey_ext.ahk dan hotkey_ext.exe. Kemudian, double klik hotkey_ext.exe untuk menjalankan fungsi hotkey.

Setelah aplikasi hotkey_ext.exe berjalan, Anda dapat menjalankan fungsi PgUp, PgDown, Home, dan End dengan kombinasi tombol sabagai berikut:

  • PgUp = Ctrl + Panah Atas
  • PgDown = Ctrl + Panah Bawah
  • Home = Ctrl + Panah Kiri
  • End = Ctrl + Panah Kanan
(Tombol Ctrl yang digunakan adalah tombol Ctrl yang sebelah kiri)

Namun, aplikasi ini tidak berjalan permanen. Maksudnya, jika Anda me-restart komputer, Anda harus menjalankan aplikasi hotkey_ext.exe kembali untuk dapat menggunakan tombol-tombol tersebut.

Semoga bermanfaat :)

6 comments:

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)