Pages

Saturday, November 3, 2012

Perjalanan Pekalongan Jakarta

Setelah postingan pertama berjudul Perjalanan Jakarta – Pekalongan, kali ini saya ingin membagi pengalaman perjalanan Pekalongan-Jakarta beberapa waktu yang lalu, tepatnya ketika libur Idul Adha.

Ini adalah pengalaman pertama saya naik pesawat..haha.. Kebetulan saat itu ada tiket murah, seharga kereta api eksekutif jurusan Semarang-Jakarta. Akhirnya, saya memutuskan untuk mencoba pengalaman baru dari perjalanan sebelumnya yang biasanya menggunakan bus atau kereta api.

Perjalanan diawali dari Pekalongan menuju Bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk mencapai kota Semarang, terdapat beberapa alternatif transportasi umum, seperti : 

Menggunakan bus. Di terminal Pekalongan, ada banyak bus dengan tujuan Semarang seperti bus Nusantara, Coyo, dan lain-lain. Tarifnya sekitar 30 ribu (kurang tau pastinya karena sudah lama nggak naik bus ke Semarang).

Menggunakan kereta api. Beberapa kereta api lokal seperti Kaligung Mas dan Tegal Ekspres dapat menjadi alternatif. Tarif kaligung mas 50 ribu, sedangkan Tegal Express 25 ribu. Sayangnya, ketika saya akan membeli tiket kaligung Mas sehari sebelumnya, tiket sudah habis terjual. 

Alternatif berikutnya adalah menggunakan travel. Ini adalah alternatif yang saya pilih, menggunakan executive shuttle bus Nusantara. Pertimbangannya, saya bisa minta diantar sampe masuk ke dalam bandara, sehingga tidak perlu ganti angkutan lagi. Tarifnya 42 ribu rupiah, dan ditambah 20 riburupiah untuk diantar ke dalam bandara. Sebuah shuttle bus berisi sekitar 11 orang penumpang. Tepat jam 1 siang, bus akan diberangkatkan. Begitu masuk, udara di dalam sangat panas karena AC belum dinyalakan. Sopir mencoba menyalakan AC tetapi tidak berhasil. Akhirnya penumpang kembali turun. Setelah menunggu hampir setengah jam, sang teknisi belum juga berhasil melakukan perbaikan. Akhirnya, sopir mengganti bus yang digunakan. Saat itu saya khawatir akan terlambat tiba di Semarang, karena bus berangkat 45 menit dari jadwal seharusnya.

Executive Shuttle Bus Nusantara

Kondisi di dalam bus
Alhamdulillah, perjalanan menuju Semarang tanpa ada kemacetan yang berarti di jalur pantura. Setelah 2 jam perjalanan, saya tiba di Bandara. Padahal, sebelumnya saya perkirakan perjalanan akan memakan waktu 3 jam karena sedang ada perbaikan jalan sehingga kemungkinan terjadi kemacetan. Setelah itu, saya pun check-in dan masuk ke ruang tunggu. Setelah agak lama menunggu, akhirnya tiba saatnya masuk ke dalam pesawat. Perasaan saat itu deg-degan, takut dan terlintas pikiran macem-macem. Tapi saya tetap berdoa semoga perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan. Beruntung, pilot mengatakan bahwa cuaca saat itu cerah dan itu membuat saya sedikit lega.

Di Bandara Ahmad Yani Semarang

My First Boarding Pass (perlu diabadikan) :p

Foto dulu di dalam pesawat :D

Perjalanan terasa singkat, hanya sekitar 50 menit. Saat pesawat akan mendarat, terlihat pemandangan kota Jakarta dari atas. Karena malam hari, hanya terlihat lampu-lampu yang sangat indah. Ini berbeda jika melihat Jakarta lebih dekat pada siang hari yang terlihat pemukiman yang sangat amat padat. Hehe..

Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Akhirnya, sampai juga di kota Jakarta. Kembali beraktifitas. :-) 

#kacaubangetbahasanya

2 comments:

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)