Pages

Saturday, March 3, 2012

Kebutuhan atau Keinginan?

Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang sudah jelas berbeda. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya setiap manusia memiliki berbagai kebutuhan, misalnya makanan, tempat tinggal, pakaian, transportasi, dan sebagainya. Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

Meskipun jelas berbeda, mungkin kita seringkali sulit membedakannya. Apalagi sebagai seorang wanita yang tentunya suka berbelanja. Menurut salah seorang teman saya, hobi berbelanja itu adalah the nature of each woman. Entah itu darimana, kenyataannya kebanyakan wanita (dari pengamatan saya) memiliki sepatu lebih dari 1 pasang, 2 pasang, 3 pasang, dst. Saya juga sering membeli barang yang sebenarnya hanya sekedar keinginan, bukan kebutuhan. Misalnya, saya membeli sepatu baru. Padahal, saya masih punya sepatu yang layak pakai. Artinya, sebenarnya saya tidak butuh sepatu, tetapi ingin membeli sepatu baru. Saya juga sering tergoda melihat bros-bros cantik saat jalan-jalan, dan akhirnya membeli. Padahal, saya punya beberapa bros. Nah, lagi-lagi saya menuruti keinginan kan?

Punya keinginan itu boleh-boleh saja. Membeli barang yang kita inginkan tentunya sah-sah saja. Namun, kita harus mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Keinginan baru bisa dipenuhi setelah kebutuhan terpenuhi. Jika kita selalu menuruti keinginan tanpa memperhitungkan anggaran untuk kebutuhan pokok, maka kita menjadi boros. Selain itu, harus diingat juga bahwa yang namanya kebutuhan itu tidak hanya saat ini, tapi juga kebutuhan jangka panjang. 

Jadi, mulai saat ini, setiap akan membeli sesuatu, tanyakan dulu pada diri sendiri, kebutuhan atau keinginan?

No comments:

Post a Comment

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)