Pages

Friday, August 2, 2013

Liburan Hemat Ke Makassar (Bag. 1)

Berawal dari tiket promo Air Asia Jakarta - Makassar, saya dan ketiga sahabat saya semasa SMA tertarik untuk jalan-jalan ke Makassar. Sebenarnya kami sudah lebih dari 5 tahun jarang bertemu, karena selepas SMA di Kota Pekalongan, kami melanjutkan kuliah di kota-kota yang berbeda. Namun, tak disangka, setelah lulus dan bekerja, kami justru dipertemukan lagi di satu kota, Jakarta.

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, kami tetap semangat untuk jalan-jalan. Hari Sabtu pagi, usai sahur, kami berangkat menuju terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Jadwal penerbangan kami adalah pukul 06.40 WIB dan sampai di Makassar pukul 10.05 WITA. Untuk tiket pesawat pulang-pergi, kami cukup membayar Rp 308.000,--/orang. 

Sampai di Bandara Sultan Hasanuddin, kami segera menuju ke kota Makassar dengan menggunakan bus Damri. Bus Damri disini ukurannya lebih kecil dibanding bus Damri yang ada di bandara Soekarno Hatta. Tarifnya Rp 25.000,-/orang. Tujuan pertama kami adalah mencari penginapan di jalan Jampea. Setelah bertanya ke petugas, kami pun disarankan untuk turun di halte RRI, tempat pemberhentian terakhir bus ini. Sekitar 1,5 jam perjalanan, kami pun sampai di halte terakhir.

Bus Damri di Bandara Sultan Hasanuddin
Dari halte tersebut, kami berjalan menuju jalan Jampea yang tak jauh dari tempat itu. Di jalan ini, terdapat banyak hotel. Berdasarkan rekomendasi para backpacker di internet, akhirnya kami memilih hotel dengan tarif murah yaitu New Legend Hostel. Tepat pukul 12 siang, kami tiba di hotel tersebut dan menyewa dua kamar dengan tarif Rp 135.000,-/kamar/malam dengan fasilitas AC dan televisi.

Tampak depan New Legend Hostel
Tampak dalam kamar hostel
Setelah 1 jam beristirahat di hotel, kami pun mulai agenda pertama, yaitu mengunjungi benteng Fort Rotterdam, Pantai Losari dan Masjid Terapung. Untuk mengunjungi tiga tempat ini, kami tidak memerlukan alat transportasi karena tempat-tempat tersebut terletak dekat dengan hotel dan bisa dijangkau dengan jalan kaki.

(Bersambung ke Bag. 2)

2 comments:

  1. wahhh makasih gan informasi liburan hemat ke makasarnya :D
    jadi mau ke Makasar deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung...

      Delete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)