Pages

Friday, August 9, 2013

Liburan Hemat ke Makassar (Bag. 3)

Rasanya tidak lengkap jika jalan-jalan ke Makassar tanpa mencicipi kuliner khas Makassar. Usai sholat maghrib, kami melanjutkan jalan-jalan di sekitar pantai losari untuk berwisata kuliner. Di malam hari, kawasan pantai losari lebih ramai daripada waktu siang tadi. Kami pun menuju ke sebuah jalan bertuliskan Kawasan Kuliner Makassar yang berada tepat di seberang anjungan pantai losari. Di sepanjang jalan itu, terdapat banyak warung yang menjajakan kuliner khas Makassar. Salah satunya adalah Pallu Basa, yaitu makanan berkuah  gelap kehitaman berisi jeroan sapi. Kuah pallu basa agak kental karena menggunakan kepala parut sangrai yang dihaluskan. Makanan ini disajikan dengan nasi.

Kawasan Kuliner Makassar
Usai menikmati Pallu Basa, kami kembali berjalan kaki dan singgah di sebuah warung Mie Titi. Karena masih kenyang, kami hanya memesan 2 porsi untuk 4 orang. Mie titi yaitu mie kering yang disiram dengan kuah kental dicampur sayur dan daging ayam. Rasanya sangat lezat. Kuliner ini wajib dicoba jika Anda berkunjung ke Makassar.

Di sepanjang trotoar jalan pantai losari, terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan pedagang kaki lima yang menjual pisang epe, salah satu kuliner khas Makassar. Ini adalah pisang yang dibakar, berbentuk pipih kemudian diatasnya diberi topping aneka rasa. Kami pun tergoda untuk mencobanya. Kami memesan tiga porsi pisang epe dengan toping yang berbeda-beda, yaitu coklat, keju dan durian. Menikmati malam minggu bersama teman-teman sambil makan pisang epe yang lezat sangat menyenangkan.

Tak terasa, hari sudah agak larut malam. Kami pun kembali ke penginapan untuk beristirahat agar esok dapat melanjutkan perjalanan kembali.

Pisang Epe (atas) dan Mie Titi (bawah)

(Bersambung...)

2 comments:

  1. Aku kok kurang sreg ama mie titi yaaa, paling juara di maksar yaa coto makasar nusantara kalo menurut aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali kami tidak sempat mencicipi coto makassar..

      Delete

Hayo..yang udah baca tulisan ini wajib komen lho :)